6 Langkah Jitu untuk Mengajari Vocabulary Siswa Saat Belajar Daring

insert_invitation 2021-12-09 09:30:36

Belajar kosa kata sudah tidak lagi menggunakan teknik belajar hafalan tradisional atau hanya meminta siswa untuk menyalin kata-kata dari kamus. Semua penelitian terbaru menekankan bahwa: siswa perlu sering dan berulang kali mendengar kata-kata baru sebelum mereka memahaminya atau mampu menerapkan dan menggunakannya dengan benar. Platform lab bahasa online seperti Sanoko Connect benar-benar dapat membantu pelajar membangun kosa kata dengan menyediakan berbagai kesempatan untuk mempelajari kata-kata baru.

Membaca dan Mendengarkan

Tentu saja, mungkin cara yang paling efektif bagi siswa untuk mempelajari kata-kata baru dalam konteks adalah dengan secara teratur memaparkan siswa kepada mereka melalui tugas membaca dan mendengarkan. Dorong siswa Anda untuk memperhatikan, dan mencatat, kata-kata yang tidak mereka ketahui. Ajak mereka untuk mengeksplorasi bagaimana kata-kata itu digunakan dan untuk mencoba dan mencari tahu artinya dari konteks teks yang lebih luas.

Siswa juga harus didorong untuk mencari kata-kata yang tidak mereka ketahui dalam kamus. Ini akan membantu mereka memahami maknanya, yang kemudian dapat bertindak sebagai stimulus untuk mengeksplorasi sinonim, contoh kalimat, dan pengucapan, misalnya.

Lab bahasa online Sanoko Connect memungkinkan pendidik untuk dengan mudah berbagi berbagai sumber stimulus dengan siswa mereka untuk mendukung pengembangan kosa kata. Artikel berita, klip video, halaman web, atau menu restoran, misalnya, dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam sumber pelajaran online bersama materi audio atau teks yang dibuat oleh guru itu sendiri. Pendidik juga dapat membuat tugas khusus untuk siswa dalam Sanoko Connect, berdasarkan materi ini, untuk menguji keterampilan mendengarkan/membaca, pemahaman mereka, dan membantu menyoroti kata-kata baru untuk memperluas kosa kata mereka.

6 langkah Marzano dalam belajar bahasa baru

Dr Robert Marzano adalah seorang ahli dalam memahami bagaimana pelajar membangun kosakata mereka, setelah menghabiskan ribuan jam mengamati siswa dan guru. Kesimpulannya jelas bahwa dalam semua keadaan, pengajaran kosakata langsung sangat penting dan penelitiannya menguraikan rencana 6 langkah untuk memasukkan ini ke dalam pengajaran.

 

Langkah 1: Guru menjelaskan kata atau kata baru, memberikan definisi dan beberapa contoh kata dalam konteks atau kalimat yang relevan.

Langkah ini bertujuan untuk membangun pengetahuan siswa yang sudah ada dan sering menggunakan perumpamaan untuk membantu siswa mengingat kata tersebut.

Platform Lab Bahasa online Sanoko Connect memungkinkan pendidik menyampaikan pelajaran langsung kepada kelompok siswa. Teknologi kelas virtualnya yang canggih memungkinkan siswa untuk menonton dan mendengarkan saat pengajar melakukan langkah pertama ini. Tergantung pada usia siswa, pendidik dapat mengucapkan kata-kata baru secara langsung kepada siswa atau menggunakan kartu flash, gerakan tangan, atau pantomim untuk menjelaskan kata-kata yang dipelajari.

Langkah 2: Siswa menyatakan ulang atau menjelaskan kata baru dengan kata-kata mereka sendiri.

Pada langkah ini, siswa harus didorong untuk merespon dengan interpretasi mereka, baik secara lisan dan/atau tertulis.

Sekali lagi, Lab Bahasa online Sanoko Connect sangat ideal untuk memfasilitasi langkah ini. Pendidik dapat memberi setiap siswa kesempatan untuk mengucapkan kata yang dimaksud baik secara langsung atau melalui file suara yang diunggah yang dibuat dengan perekam suara sederhana Sanoko. Peserta didik dapat mendengarkan kembali dan meninjau rekaman mereka kapan saja.

*klik disini untuk ilustrasi fitur student feedback dalam Sanako Connect

Siswa juga dapat menggunakan ruang menulis gratis di dalam lab Bahasa online Sanako Connect untuk berlatih mengeja kata dan menjelaskan artinya. Pendidik juga dapat membuat (dan meninjau) tes dan kuis untuk mengawasi pemahaman siswa.

Langkah 3: Minta siswa untuk membuat representasi non-linguistik dari kata tersebut.

Feedback dari pendidik mengidentifikasi bahwa langkah ini sangat penting dan kuat. Ketika siswa memvisualisasikan kata dengan membuat gambar atau bahkan dengan memerankan maknanya, pemahaman dan pencapaian mereka meningkat.

Baik dalam pengaturan langsung atau asinkron, Sanoko Connect mendukung siswa (dan pendidik) untuk menyelesaikan langkah proses ini. Semua jenis konten multimedia (misalnya file suara, PDF, video) dapat dengan mudah diunggah oleh siswa untuk menggambarkan tanggapan mereka. Ini dapat ditinjau oleh pendidik baik secara individu atau sebagai kelas dengan Feedback yang disampaikan langsung ke siswa individu sesudahnya.

Langkah 4: Siswa terlibat dalam kegiatan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang kata baru.

Pada tahap ini, pendidik berusaha untuk memperluas dan menyempurnakan pemahaman siswa tentang kata tersebut. Ini biasanya melibatkan pendidik menciptakan kegiatan yang membantu siswa untuk meningkatkan pengetahuan mereka dengan membandingkan kata-kata, mengklasifikasikan istilah, atau menulis analogi dan metafora mereka sendiri.

Pendidik dapat menggunakan Lab Bahasa Sanako Connect untuk memberikan instruksi teks yang jelas kepada semua siswa yang merinci kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan pembelajaran terkait. Atau, ini dapat dengan mudah diucapkan dan direkam langsung ke Connect sesuai kebutuhan. Connect juga memberi para pendidik template yang mudah disesuaikan untuk kegiatan pengajaran bahasa umum. Ini termasuk kuis pilihan ganda, entri teks, latihan mengisi celah, dan aktivitas bermanfaat lainnya.

Langkah 5: Siswa mendiskusikan kata baru secara berpasangan atau berkelompok.

Memfasilitasi tugas berbahasa adalah inti dari Sanoko Connect. Pendidik dapat dengan mudah membagi siswa menjadi pasangan atau kelompok kecil untuk diskusi langsung seperti itu. Yang penting, setiap kelompok siswa dapat berbicara secara bersamaan tanpa mengganggu satu sama lain seperti di lab bahasa tradisional. Pendidik juga dapat mendengarkan percakapan atau campur tangan untuk memberikan bantuan sesuai kebutuhan. Semua percakapan dapat dengan mudah di download dan ditinjau untuk komentar / feedback sesudahnya.

*klik disini untuk ilustari fitur pengelompokan murid dalam Sanako Connect

Langkah 6: Siswa secara berkala bermain game kata kata untuk meninjau kosakata baru.

Permainan, dan keseluruhan pendekatan Dr Marzano, secara mendasar mengubah aturan pembelajaran kosa kata dengan membuatnya menyenangkan. Bermain game dengan kata-kata, atau menyelesaikan tes dan kuis melalui Lab Bahasa online Sanoko Connect, adalah cara yang bagus untuk membantu memperkuat pengetahuan kata siswa dan membangun kecintaan belajar bahasa.

*Apa itu Lab Bahasa?

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana perangkat lunak pengajaran bahasa online Sanako dapat membantu guru bahasa Anda menggunakan Enam Langkah Marzano di ruang kelas fisik atau virtual mereka, silakan hubungi kami sekarang untuk mengatur demo GRATIS Anda!


Source : https://blog.sanako.com/six-step-plan-to-support-online-vocabulary-teaching